Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Masalah Angkatan Kerja dan Tenaga Kerja di Indonesia



Masalah Angkatan Kerja dan Tenaga Kerja di Indonesia
                Tenaga kerja merupakan faktor penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Tetapi tenaga kerja juga dapat menjadi faktor penghambat apabila tenaga kerja yang ada mendatangkan berbagai macam masalah. Ketenagakerjaan di Indonesia masih kurang optimal dalam mendorong pembangunan ekonominya. Masih banyak permasalahan dalam dunia ketenagakerjaan di Indonesia. Berikut ini berbagai masalah ketenagakerjaan yang dihadapi oleh pemerintah :
  1. Tingkat Pengangguran yang Tinggi
Pengangguran merupakan salah satu masalah yang berpengaruh besar bagi perekonomian Indonesia. Jumlah angka pengangguran di Indonesia selalu mengalami peningkatan. Hal ini terjadi karena beberapa faktor antara lain :
       Pertambahan penduduk lebih besar daripada pertambahan lapangan kerja. Akibatnya tidak semua penduduk dapat ditampung oleh lapangan kerja yang ada.
       Rendahnya kualitas tenaga kerja. Mereka tidak mampu bersaing dengan tenaga kerja yang memiliki kualitas yang lebih baik. Akibatnya oarang-orang yang mempunyai kualitas rendah akan menganggur.
       Lowongan kerja yang ada tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan. Orang-orang yang mempunyai latar belakang berbeda dengan yang diharapkan perusahaan,tidak dapat bekerja. Akibatnya pengangguran bertambah.
       Kondisi perekonomian yang tidak baik. Terjadinya krisis ekonomi menyebabkan banyak perusahaan/ industri yang gulung tikar. Akbatnya banyak tenaga kerja yang diberhentikan.
Tingginya jumlah pengangguran di Indonesia menimbulkan dampak negatif, antara lain :
       Tingkat kesejahteraan menurun
       Angka kriminalitas meningkat,misalnya pencurian, penjambretan dll.
       Kualitas hidup menurun yaitu seperti lingkungan yang kotor(tidak sehat)
       Produktivitas menurun
       Menurunnya tingkat kesehatan dan kekurangan pangan
       Peningkatan jumlah anak jalanan,gelandangan, pengamen dan sebagainya
       Menurunnya pendapatan negara dari penerimaan pajak penghasilan
       Bertambahnya biaya sosial negara
2. Meningkatnya Angkatan Kerja
Jumlah angkatan kerja terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Semakin besar jumlah penduduk maka semakin besar angkatan kerja. Hal ini aka menjadi beban tersendiri bagi perekonomian. Jika meningkatnya angkatan kerja tidak diimbangi dengan bertambahnya lapangan kerja akan menyebabkan masalah pengangguran. Akbatnya orang yang menganggur tidak yang memperoleh penghasilan sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Ini menyebabkan kesejahteraan menurun.
Hal tersebut sangat berlawanan dengan harapan pemerintah,yaitu semakin banyaknya jumlah angkatan kerja diharapkan dapat menjadi pendorong pembangunan ekonomi.
3. Mutu Tenaga Kerja yang Rendah
Sebagian besar tenaga kerja indonesia berpendidikan rendah dengan keterampilan dan keahlian yang kurang memadahi. Sehingga belum memiliki keterampilan dan pengalaman untuk memasuki dunia kerja. Mutu tenaga kerja yang rendah mengakibatkan kesempatan kerja semakin kecil dan terbatas. Keterampilan dan pendidikan yang terbatas akan membatasi ragam dan jumlah pekerjaan.
4. Persebaran Tenaga Kerja yang Tidak Merata
Persebaran tenaga kerja di Indonesia tidak merata. Di Daerah Pulau Jawa tenaga kerja menumpuk sementara di luar Pulau Jawa kekurangan tenaga kerja. Ini menyebabkan di Pulau Jawa banyak pengangguran dan di luar Pulau Jawa pembangunan akan  terhambat karena kekurangan tenaga kerja untuk mengolah sumber daya alam yang ada. 
"Sekian informasi tentang Masalah Angkatan Kerja dan Tenaga Kerja di Indonesia dari Kami" ^_^
kami minta maaf jika ada kesalahan informasi . Jangan Lupa Likenya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Paper Underground mengatakan...

Artikel bagus...
Sekedar ingin berbagi artikel aja, barangkali bisa sedikit menambah referensi mengenai masalah ketenagakerjaan di Indonesia..
Klik --> Makalah Ketenagakerjaan di Indonesia

Unknown mengatakan...

lumayan bagus..... tapi blog anda membuat aku kaget dengan lagunya...

Posting Komentar