Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Alat Musik Kalimantan



               
Seperti post kami yang sebelumnya membahas tentang alat musik Sulawesi Selatan. Tetapi kali ini kami akan membahas tentang alat musik dari daerah Kalimantan.
                 
KALIMANTAN BARAT
v  BALIKAN
                               
                                Balikan juga termasuk alat musik tradisional Kalimantan Barat yang hampir mirip sekali dengan sapek. Memainkannya juga dengan cara dipetik yang dibuat oleh Suku Dayak di daerah Kapuas Hulu.
v  KLEDI / KERURI / KEDIRE / SULING
                               
        
Alat musik ini terbuat dari bilah bambu atau kulit kerang . Untuk memainkan alat musik ini tidak hanya ditiup, namun sekaligus dihisap dan ditiup. Oleh masyarakat Rumpun Uut Danum alat ini juga disebut dengan nama Korondek.




                                 
v  ENTEBONG
       
Alat musik Entebong ini bentuknya seperti gendang yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik satu ini terdapat di Kabupaten Sekadau yang dibuat oleh suku Dayak Mualang.




  


v  KANGKUANG
 Kangkuang adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dan terbuat dari kayu yang diukir sedemikian rupa. Dibuat oleh masyarakat suku Dayak Banuaka di daerah Kapuas Hulu.








v  TERAH UMAT
     Umat itu dalam bahasa daerah Kalimantan artinya adalah besi. Alat musik tradisional Kalimantan Barat ini memang terbuat dari besi yang dimainkan dengan cara dipukul dan tidak beda jauh dengan gamelan jawa








KALIMANTAN TENGAH
v  GARANTUNG
      Garantung ini adalah alat musik tradisional sejenis Gong. Alat mu
sik inilah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Kalimantan Tengah khususnya Suku Dayak. Ada juga yang menyebut alat musik ini dengan sebutan Agung.






v  SALUANG
     Saluang adalah alat musik tradisional asal Kalimantan Barat yang merupakan alat musik jenis pukul yang terbuat dari bambu atau kayu. Nada yang dihasilkan alat musik salung ini adalah nada do, re, mi, sol, dan la.
                                Gandang adalah alat musik gendang. Gendang yang satu ini adalah gendang yang ukurannya besar. Bahkan panjangnya bisa mencapai 1 sampai 2 meter dengan diamater sekitar 40 cm. Biasanya alat musik jenis ini digunakan untuk upacara-upacara adat di Kalimantan Tengah.


v  KATAMBUNG
      Alat musik Katambung  adalah sejenis perkusi gendang yang memiliki panjang hingga 75 cm. Alat musik ini dibuat dari kayu ulin kemudian ada balutan kulit ikan buntal yang dikeringkan untuk diregangkan di bagian sisinya sebagai bagian yang nantinya dipukul dalam memainkannya. Diamater kulit ikan buntal yang dikeringkan kemudian dijadikan bagian dari Katambung ini biasanya berukuran hingga 10 cm.



 
KALIMANTAN SELATAN
v  KURIDING
       Kuriding termasuk salah satu alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang terancam punah. Sudah jarang orang memainkan alat musik yang dibuat dari kayu. Kuriding dimainkan oleh seniman dari etnis Bakumpai maupun Banjar. Alat musik Kuriding diketahui melalui lagu Ampat Lima yang salah satu liriknya adalah "ampat si ampat lima ka ai, Kuriding patah,.." tapi jarang ada yang melihat bentuk alat itu apalagi orang memainkannya. 

v  KINTUNG           
       Kintung adalah salah satu alat musik unik di Kalimantan Selatan yang dibuat oleh Suku Banjar. Dilihat dari bentuknya alat musik ini seperti angklung yang terbuat dari bambu. Rautan bagian atas masing-masing potongan bambu sangat berperan penting untuk mengatur bunyinya. Panjang bambu yang digunakan untuk satu potongan biasanya hanya dua ruas saja.    





v  PANTING
     
Panting adalah sejenis alat musik gambus yang dimainkan dengan cara memetik senarnya. Panting model ini hampir mirip dengan Gambus yang berasal dari arab hanya saja ukurannya lebih kecil. Musik yang dimainkan dengan Panting ini awalnya berasal dari daerah Tapin.





v  KURUNG-KURUNG
      Kurung-kurung adalah salah satu alat musik Kalimantan Selatan yang bentuknya terbuat dari kayu panjang yang dipadu dengan bambu di bagian bawahnya. Kurung-kurung biasa dimainkan pada saat perayaan upacara adat, kenduri, atau menyambut tamu dan pejabat yang datang ke daerah Kalimantan Selatan tersebut.    



                        
v  GAMELAN BANJAR
      Gamelan Banjar sebenarnya merupakan sebuah kesenian yang dimainkan dengan seperangkat alat-alat musik gamelan dan pelengkapnya yang dimainkan oleh orang-orang suku Banjar. Kalau ditinjau dari sejarahnya, Gamelan Banjar ini sudah ada sejak abad ke-14 yang di bawa ke Kalimantan Selatan oleh seorang pangeran bernama Pangeran Suryanata yang berasal dari kerajaan Negara Dipa di zaman itu. Dan Gamelan Banjar ini sendiri memiliki dua versi yaitu ada Gamelan yang versi Banjar Keraton dan ada yang versi Banjar Kerakyatan.

KALIMANTAN TIMUR
v  GAMBUS
      Gambus yang merupakan alat musik petik. Gambus ini awalnya berasal dari Timur Tengah yang kemudian dibawa oleh pedagang melayu sampai ke pesisir Kalimantan Timur.




                                 
v  SAMPE
     Sampe juga merupakan alat musik petik tradisional Kalimantan Timur yang cukup terkenal . Nama Sampe berasal dari bahasa lokal suku Dayak yang artinya “memetik dengan jari”. Sampe ini identik dengan kebudayaan orang-orang Melayu, termasuk Rumpun Melayu dari suku dayak di Kalimantan Timur.






v  KETIPUNG
       
Alat musik yang satu ini juga termasuk salah satu alat musik tradisional yang berbau Timur Tengah yang membawa pengaruh sampai ke Kalimantan Timur. Alat musik ketipung ini adalah sejenis gendang kecil yang biasa dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu bernuansa Timur Tengah.






                Sekian informasi tentang alat musik dari daerah Kalimantan. Walaupun sedikit,tetapi semoga bermanfaat untuk kalian yang membutuhkan info ini  ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar