Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan



                Indonesia memiliki banyak provinsi. Di setiap provinsi memiliki alat musik yang berbeda beda. Sehingga Indonesia kaya akan  ragam alat musik. Untuk hal itu kami akan membahas alat musik dari salah satu provinsi di Indonesia,yaitu Sulawesi Selatan.
Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan
Alat musik tradisional  Sulawesi  terbagi menjadi 2 daerah yaitu daerah Bugis dan daerah Makasar. Sebenarnya kedua daerah ini memiliki alat musik yang sama. Hanya saja letak perbedaannya terdapat p ada penyebutan alat musik.
  1. Idiokardo/Gendang Bulo
Idiokardo adalah sebutan dari daerah Bugis. Gendang Bulo adalah sebutan dari daerah Makasar. Alat musik ini merupakan alat musik gendang yang tidak mempunyai membran. Cara memainkannya dengan cara dipukul-pukulkan pada suatu benda.
2. Rebana / Terbang
Rebana adalah sebutan dari daerah Bugis. Terbang merupakan sebutan dari daerah Makasar. Alat musik ini merupakan alat musik gendang yang menggunakan membran. Bahannya dibuat dari kayu seperti kayu batang pohon cendana, pohon nangka, pohon kelapa dan kayu jati. Bahan yang digunakan mempengaruhi  karakter bunyi yang dihasilkannya karena kayu tersebut berfungsi sebagai tabung suara atau ruang resonansi. 

3. Basi – Basi/Klarinet
Basi-basi adalah sebutan dari daerah Bugis. Klarinet adalah sebutan dari daerah Makasar. Alat musik ini merupakan alat musik sejenis alat musik tiup yang dipasang rangkap.

4. Kacaping / Kecapi
Kacaping adalah sebutan dari daerah Bugis. Kecapi adalah sebutan dari daerah Makasar. Menurut sejarahnya kecapi ditemukan/diciptakan oleh seorang pelaut,sehingga bentuknya menyerupai perahu yang memiliki 2 dawai,dawai diambil karena  penemuannya dari tali layar perahu. Cara memainkannya dengan cara dipetik. Dahulu kecapi sangat digemari dikalangan tua dan muda, dapat menjadi pelipur lara dikala gundah ataupun teman bersuka ria. Seiring perjalanan zaman pemainan kecapi sebagai sarana hiburan tampil berdasar pada permintaan masyarakat. Contohnya pada acara penjemputan para tamu, perkawinan,hajatan,bahkan hiburan pada hari ulang tahun.
Kecapi dapat dimainkan oleh satu orang dapat juga secara berkelompok dalam bentuk ansambel sejenis. Juga dapat dimainkan bersama dengan alat musik tradisional lainnya seperti gendang, suling, gong, biola, mandaliong, katto-katto dan lain-lain. Adakalanya disertai penyanyi laki-laki atau penyanyi perempuan. Permainan kecapi juga digunakan sebagai pengiring tarian.

5. Tolindo / Popondi
Tolindo adalah sebutan dari daerah Bugis. Popondi adalah sebutan dari daerah Makasar. Alat musik ini terbuat dari kayu yang berbentuk busur seperti tanduk kerbau atau tanduk sapi yang bertumpu pada sebuah tempurung kelapa, di ujungnya atas bagian tanduk dipasang 1 buah senar . Memainkannya  dengan cara dipetik.
6. Alosu
Alosu merupakan alat musik berupa kotak anyaman yang di dalamya diisi biji-bijian. Cara memainkannya dengan digoyang-goyangkan.

7. Anak Becing
Alat musik ini merupakan alat musik  yang terbuat dari batang  logam. Bentuknya seperti pendayung. Cara memainkannya dengan cara di gerak-gerakkan.

8. Keso
Keso merupakan alat musik sejenis rebab. Letak perbedaannya dengan rebab adalah Keso mengunakan 2 dawai. Cara memainkannya dengan cara digesek.

9. Suling Lembang
Suling lembang merupakan alat musik sejenis seruling  panjang dari Sulawesi Selatan .Panjangnya 50 - 100 cm dan dengah garis tengah 2 cm.

10. Puik – Puik/Puwi-Puwi
Puik – Puik merupakan alat musik tiup semacam  terompet. Alat musik ini juga serupa dengan alat musik serunai  dari Sumatera.Di Jawa Barat dengan nama Tarompet, di Jawa Timur dengan nama Sronen, di Sulawesi Selatan dengan nama Puwi-puwi.

Itulah beberapa alat musik dari Sulawesi Selatan yang kami ketahui. Semoga dapat bermanfaat ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Unknown mengatakan...

wah...siip buat infonya.....

Anggraini mengatakan...

Ijin copas y,,, thanks very helpful ^_^

Unknown mengatakan...

infonya sangat membantu ....
thanks ... ;)

Posting Komentar