Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Lambang Pramuka


Dalam kegiatan pramuka, kita sering mendengar istilah lambang pramuka. Tetapi apakah kamu sudah tahu bagaimana gambar, makna, dan tujuan penggunaannya? Untuk pertanyaan tersebut akan dibahas pada artikel berikut :
LAMBANG PRAMUKA
 

Lambang gerakan pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan cita-cita setiap anggota Gerakan Pramuka.

            Lambang tersebut diciptakan oleh Bapak Soehardjo Admodipura, seorang pembina Pramuka yang aktif bekerja di lingkungan Departemen Pertanian dan kemudian digunakan sejak 16 Agustus 1961. Lambang ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 tahun 1972.

            Bentuk lambang gerakan pramuka adalah gambar bayangan (silhoutte) tunas kelapa. Arti kiasan lambang gerakan pramuka adalah sebagai berikut :
a)      Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. Lambang cikal ini mengkiaskan bahwa tiap pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
b)      Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan bagaimanapun juga. Lambang ini menghiaskan bahwa setiap pramuka adalah seorang pramuka yang rohaniah dan jasmaniah, sehat, kuat, ulet, dan memiliki tekad yang besar dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan kesukaran untuk mengabdi terhadap tanah air bangsa Indonesia.
c)      Nyiur dapat tumbuh dimana-mana yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya terhadap masyarakat baru dimana ia berada dan dalam keadaan yang bagaimanapun juga.
d)     Nyiur tumbuh menjulang keatas dan merupakan salah satu pohon tertinggi di Indonesia. Lambang ini menghiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi, lurus, mulia, jujur, dan ia tetap teguh pada pendiriannya.
e)      Akar nyiur yang tumbuh kuat dan erat dalam tanah. Lambang ini menghiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan yang baik, benar, kuat, dan nyata. Tekad dan keyakinan yang dipakai oleh pramuka untuk memperkuat diri guana mencapai cita-citanya.
f)       Nyiur adlah pohon serbaguna dari ujung atas hingga akarnya. Lambang ini menghiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang serbaguna dan membaktikan diri kepada tanah air, bangsa, NKRI, dan umat manusia.

Lambang gerakan pramuka dapat digunakan pada panji, bendera, papan nama kwartir dan satuan, tanda pengenal administrasi gerakan pramuka. Penggunaan tersebut dimaksudkan sebagai alat pendidikan untuk mengingatkan dan meningkatkan kegiatan gerakan pramuka sesuai dengan kiasan yang ada pada lambang gerakan pramuka tersebut.


Itulah info tentang lambang pramuka yang kami ketahui, semoga info ini dapat membantu ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar